Tuesday 2 April 2024

Keuntungan Melakukan Road Trip - Perjalanan Darat



Keuntungan Melakukan Road Trip - Perjalanan Darat? Road trip dengan orang-orang terdekat terdengar seperti rencana liburan yang seru. Namun, sebelum memulai perjalanan, simak dulu tips berikut supaya aman dan nyaman selama perjalanan!
Road trip adalah perjalanan darat dalam jarak jauh dan waktu yang cukup lama menggunakan kendaraan yang nyaman, jogja bali berapa jam?

Di tahun 2022, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kendaraan di Indonesia mencapai 148.212.865 unit. Dari jumlah tersebut, kendaraan berjenis sepeda motor mendominasi dengan angka yang cukup tinggi yaitu 125.267.349 unit. Disusul dengan mobil penumpang di posisi kedua dengan angka 17.175.632 unit. Namun, road trip umumnya dilakukan dengan menggunakan mobil pribadi.

Pertimbangan memilih mobil saat melakukan road trip adalah dari faktor keamanan. Karena melakukan perjalanan darat dengan destinasi yang jauh, faktor keamanan dan kenyamanan sangat diutamakan.

Keuntungan Melakukan Road Trip

Untuk seseorang yang tidak terlalu suka menghabiskan waktu di jalan, beberapa orang mungkin bertanya-tanya, apa sih enaknya menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil? Mengemudi dalam jarak jauh hingga menjelajahi tempat-tempat baru adalah pengalaman yang tidak terlupakan selama road trip. Selain itu, berikut keuntungan lain dari melakukan road trip.

Bebas mengeksplorasi tempat

Karena menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa bebas mengeksplorasi tempat tanpa batas waktu dan terpaku pada itinerary.
Kamu juga bisa bebas memilih rute yang kamu inginkan. Selain rute yang lebih menghemat waktu, kamu bisa memilih rute dengan pemandangan yang bagus.

Lebih spontan

Sebelum melakukan perjalanan apapun, sebaiknya kita memang menyiapkan rencana perjalanan terlebih dahulu. Tujuannya agar perjalanan lebih terarah dan kamu dapat memperkirakan waktu serta biaya yang dibutuhkan.
Namun, ketika kamu memilih untuk bepergian dengan road trip, kamu bisa lebih spontan merencanakan perjalanan. Misalnya saat tujuan wisata awal ternyata tutup atau tidak sesuai ekspektasi, kamu bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan destinasi lain yang masih searah.

Lebih fleksibel

Road trip juga memungkinkan perjalanan lebih bebas dan fleksibel. Berbeda jika berlibur menggunakan transportasi umum atau tur perjalanan yang terikat dengan jadwal keberangkatan.
Dengan begitu, kamu bisa lebih bebas dan fleksibel mengunjungi tempat wisata atau spot kuliner lokal yang kamu inginkan.

Lebih banyak waktu bersama teman perjalanan

Ada yang bilang, saat yang tepat untuk mengenal seseorang lebih jauh adalah dalam sebuah perjalanan. Apalagi kalau melakukan road trip bersama orang-orang terdekat.
Selama perjalanan, kamu akan mendapat kesempatan untuk mengenal mereka dengan lebih dekat lagi dan mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Kamu dan rekan perjalanan juga harus lebih maklum dengan perbedaan sifat dan kebiasaan masing-masing ya.

Layaknya relationship pada umumnya, bicarakan baik-baik kalau ada hal yang mengganjal daripada bikin suasana road trip jadi nggak nyaman.

Sudah terbayang serunya? Nah, sebelum merencanakan sebuah road trip, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan. Yuk, kita bahas satu per satu!

Persiapan Road Trip

Kondisi fisik

Apakah kamu akan menjadi supir selama perjalanan? Jika iya, pastikan kamu dalam kondisi fisik yang prima. Jangan memaksakan diri jika sedang merasa tidak fit atau mengantuk.
Sebaiknya juga ada beberapa orang yang bisa mengemudi agar bisa bergantian selama perjalanan.

Memilih rute dan titik penting

Dengan bantuan Google Maps, pilih rute yang mudah dan merupakan jalan utama. Karena masih asing dengan kondisi daerah yang dilalui, menggunakan jalan utama dapat meminimalisir kemungkinan tersesat selama di perjalanan. Kamu juga bisa memastikan kondisi rute yang akan dilalui melalui fitur Street View, jika perlu save rute tersebut agar bisa diakses walau tanpa koneksi internet. Bisa hitung kira-kira jogja bali jarak tempuh berapa?

Tentukan juga di titik mana kamu akan melakukan pengisian bensin dan beristirahat. Ingat, walau ada beberapa pengemudi yang bisa bergantian di belakang setir, mobil juga butuh jeda agar tetap dalam kondisi ideal untuk melakukan perjalanan.

Yang tidak kalah penting adalah menjaga batas kecepatan. Di tol dalam kota, biasanya batas kecepatan puncak yang diperbolehkan adalah 80 km/jam. Sementara di tol luar kota mencapai 100 km/jam. Biasanya batas kecepatan bisa kamu lihat pada rambu di bahu jalan tol. Oleh karena itu, selalu perhatikan rambu dan mematuhinya agar perjalanan berlangsung dengan aman.

Siapkan perbekalan

Perbekalan mungkin jadi salah satu hal pertama yang dipikirkan saat memulai wacana road trip. Selain makanan dan minuman, siapkan juga pakaian ganti, obat-obatan pribadi, dan toiletries.
Sebaiknya, siapkan juga kegiatan sederhana atau permainan yang dapat dilakukan selama perjalanan, misalnya membawa card game seperti Uno. Jadi, saat bosan dan mulai kehabisan topik, kamu bisa mengeluarkan permainan tersebut untuk menghabiskan waktu.

Sesuaikan perbekalan kamu dengan durasi perjalanan. Jangan sampai perbekalan kamu kebanyakan dan memakan terlalu banyak space di bagasi.


Lewat Tol Bali

Siapkan akomodasi

Walaupun saat ini akomodasi bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi, sebaiknya kamu menyiapkannya sejak jauh hari.
Dengan begitu, kamu bisa benar-benar memilih akomodasi yang sesuai dengan budget, memiliki fasilitas yang kamu butuhkan, dan bahkan mungkin menawarkan harga promo.

Misalnya jika melakukan perjalanan dalam waktu lebih dari 3 hari, kamu mungkin dapat memilih akomodasi dengan fasilitas mesin cuci atau laundry.

Jika ingin mencoba yang sedikit berbeda, kamu juga bisa mencari akomodasi di sekitar daerah perkemahan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda, tetapi tetap aman dan dapat beristirahat dengan tenang.

Persiapkan budget untuk bensin dan tol
Selain akomodasi dan perbekalan, bensin dan tol adalah faktor yang paling menguras budget. Melansir dari Kata Data dan Duit Pintar, tergantung dari jenis mobilnya, biaya road trip Jakarta– Yogyakarta mencapai Rp2,8 juta dengan rincian sebagai berikut.
Budget Bensin dan Tol Road Trip Jakarta–Yogyakarta
Bensin
Berikut adalah perkiraan budget bensin sesuai jenis kendaraan, dengan asumsi harga bensin yang digunakan Rp13.300 per liternya dengan jarak tempuh sekitar 552 km.
Tol
Perjalanan dari Jakarta–Yogyakarta menggunakan Trans Jawa melewati sembilan ruas tol dengan perkiraan biaya sebagai berikut untuk kendaraan golongan I.

Jadi, untuk tarif tol pulang-pergi dari Jakarta ke Yogyakarta, kamu membutuhkan biaya kurang lebih Rp888.000.
Budget Bensin dan Tol Road Trip Jakarta–Bali
Bensin
Berikut adalah perkiraan budget bensin sesuai jenis kendaraan, dengan asumsi harga bensin yang digunakan Rp13.300 per liternya dengan jarak tempuh sekitar 1.200 km.

Tol
Rincian biaya tol perjalanan dari Jakarta–Bali untuk kendaraan golongan I, sampai Probolinggo Timur.

Selain itu, untuk perjalanan Jakarta–Bali, kamu juga harus menyertakan biaya penyeberangan kapal dari Ketapang (Banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali). Untuk mobil pribadi atau Golongan IVA, tarif yang dikenakan adalah Rp119.850. Sementara untuk per orang, bayi (0–2 tahun) dikenakan tarif Rp1.700, sementara untuk dewasa dikenakan tarif Rp9.650.

Cek kondisi kendaraan

Selain cek kondisi fisik pengendara, cek kondisi kendaraan adalah hal yang tidak boleh terlewat. Lakukan pemeriksaan pada ban. Pastikan ban dalam kondisi prima dan memiliki tekanan angin yang cukup.
Ketika ban kekurangan angin, performanya saat pengereman akan berkurang dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk berhenti saat direm. Pada kondisi basah dan licin, mobil akan mudah tergelincir. Sementara dalam kondisi kering, ban akan lebih mudah selip.

Setiap mobil memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang berbeda-beda, tergantung jenisnya. Bukan hanya harga yang lebih murah, pastikan juga bahan bakar yang digunakan sesuai dengan jenis kendaran kamu. Untuk berhemat, kamu bisa membandingkan harga di beberapa tempat pengisian bahan bakar.

Selain itu, saat melakukan road trip, usahakan agar kendaraan tidak membawa beban yang berlebihan dan hindari untuk melaju dalam kondisi ngebut. Saat membawa beban berlebih, semakin banyak pula bahan bakar yang diperlukan. Mengemudi dengan kecepatan yang stabil juga dapat menghindari akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba, karena hal itu dapat memengaruhi efisiensi bahan bakar.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting dalam merencanakan road trip adalah mempersiapkan perlindungan seperti asuransi mobil yang komperhensif dan bebas ribet. Asuransi mobil menawarkan paket-paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Bantuan darurat yang diberikan termasuk, tetapi tidak terbatas pada layanan untuk ban kempis, mobil derek, aki lemah, mobil terkunci, layanan mekanik, gangguan fungsi mesin dan kelistrikan, gangguan fungsi rem, dan layanan bantuan darurat 24/7.

Urusan klaim dapat dibantu di mana pun kamu berada dan dapat dicek melalui situs layanan kapan saja. Kamu juga dapat melakukan cek progres perbaikan kendaraan melalui SMS. Area layanan telah tersedia untuk seluruh kota di Pulau Jawa dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

info via : https://www.allianz.co.id/explore/road-trip-ke-jogja-atau-bali-simak-tips-aman-ini.html

0 comments:

Post a Comment