Friday 29 March 2024

langkah Migrasi dari Blogger Blogspot ke CMS WordPress



Tutorial ini akan memandu Anda dalam proses migrasi dari Blogger ke WordPress serta membuat pengalihan traffic dari situs Anda sebelumnya ke situs WordPress baru tanpa kehilangan traffic. Blogger adalah platform untuk membuat blog dengan subdomain namablog.blogspot.com. Anda dapat membuat beberapa blog dengan satu akun Blogger dan juga mempersembahkan blog dengan domain Anda sendiri, seperti namadomain.com.

Yang Anda Perlukan untuk langkah Migrasi dari Blogger Blogspot ke CMS WordPress, Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki:
  • Akses ke panel admin Blogger
  • Akses ke panel admin WordPress

Langkah 1 – Memindahkan Blogspot ke WordPress Anda

Masuk ke Blogger dan buka panel admin Anda. Pastikan Anda memilih blog yang ingin dipindahkan jika Anda memiliki lebih dari satu blog.
Buka menu Pengaturan dan pilih Lainnya.
Di menu Lainnya, cadangkan situs web Blogger Anda dengan mengklik Cadangkan Konten. Anda akan mengunduh file .xml.
Buka panel admin WordPress Anda. Di Dasbor pada panel admin, buka menu Alat dan pilih Impor. Anda akan menginstal plugin pengimpor situs web. Pilih pengimpor Blogger dalam hal ini. Klik tombol Pasang Sekarang dekat pengimpor Blogger. Setelah diinstal, opsi akan berubah dari Pasang Sekarang menjadi Jalankan Pengimpor.
Klik Jalankan Pengimpor. Menu baru akan muncul. Klik Pilih File dan pilih file .xml yang sudah Anda unduh dari Blogspot Anda. Kemudian klik Unggah file dan impor, dan proses migrasi dari Blogger ke WordPress selesai!

Langkah 2 – Mengalihkan Traffic dari Blogger ke WordPress

Saat ini, Anda telah mentransfer semua pengguna, pos, dan komentar dari Blogger ke WordPress Anda. Namun, semua traffic masih mengarah ke situs Blogger. Solusinya adalah membuat pengalihan dari situs lama ke yang baru.

Ada beberapa cara untuk mengalihkan dari Blogger ke WordPress. Cara termudah dan tercepat adalah menggunakan plugin. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

Unduh dan pasang plugin. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menginstal plugin WordPress, lihat tutorial cara menginstal plugin WordPress.
Buka menu Alat di dasbor admin WordPress Anda dan pilih plugin Pengalihan Blogger ke WordPress.
Di menu plugin, klik Mulai Konfigurasi. Plugin ini akan memungkinkan Anda untuk memilih domain blog Anda (karena Anda mungkin ingin memindahkan beberapa situs Blogger ke WordPress Anda). Klik Dapatkan Kode dan Anda akan menerima template kode yang harus Anda pasang di Blogger.
Buka situs web Blogger Anda dan masuk ke area admin. Buka menu Template dan di bagian bawah, klik Kembali ke template klasik.
Template akan berubah dan Anda dapat mengedit file kode HTML. Salin kode dari plugin tersebut dan tempelkan ke template Blogger Anda. Klik Simpan Template dan selesai!
Anda dapat menguji apakah pengalihan sudah berfungsi dengan baik dengan menekan Verifikasi Konfigurasi di menu plugin. Plugin akan memberikan tautan ke situs web Blogger Anda. Klik tautan tersebut dan Anda akan diarahkan ke situs WordPress Anda, bukan lagi Blogger.

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui cara migrasi dari Blogger ke WordPress dan juga cara mempertahankan semua traffic meskipun situs Anda telah beralih ke WordPress. Berkat kemudahan pengelolaan WordPress, Anda dapat melakukan proses ini dengan mudah.

Jika Anda masih belum familiar dengan penggunaan WordPress, kunjungi halaman tutorial kami dan baca artikel lain yang telah kami siapkan untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment