Ika Rizqi Damayanti adalah mahasiswi Tuli di Program Studi D3 Manajemen Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP). Putri dari pasangan Murtiati dan Didik Purnomo ini tinggal di Kabupaten Pekalongan dan menjadi satu-satunya mahasiswa berkebutuhan khusus di kampusnya.
Sebelum masuk UMPP, Ika sempat mencoba mendaftar di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo namun tidak lolos seleksi. Ia juga berencana mendaftar ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tetapi terhalang restu orang tua karena faktor jarak dan biaya. Akhirnya, melalui informasi dari Pak Imam Rosyadi dan Pak Feni di UMPP, orang tua Ika menemukan kampus yang bersedia menerima mahasiswa disabilitas.
Di awal perkuliahan, Ika masih didampingi sang Ibu karena UMPP belum memiliki Juru Bahasa Isyarat (JBI). Ia juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan teman dan sistem pembelajaran berbasis verbal. Seiring waktu, Ika semakin mandiri, sementara teman-temannya mulai belajar bahasa isyarat untuk membantunya. Dosen pun memanfaatkan proyektor dalam kelas maupun pertemuan daring agar materi dapat diakses dengan mudah.
Selama kuliah, Ika sempat magang satu bulan di BatikTV. Ia terlibat dalam produksi iklan, program “Bedah Siang” dan “Bedah Malam”, hingga mendesain thumbnail YouTube.
Pada semester akhir, ia menyelesaikan Tugas Akhir berjudul “Evaluasi Kebergunaan Aplikasi Hear Me dengan Metode System Usability Scale (SUS) di SLB Muhammadiyah Pekajangan”. Aplikasi Hear Me memiliki empat fitur utama:
1. Translate Me – menerjemahkan teks menjadi bahasa isyarat.
2. Transcribe Me – mengubah suara menjadi teks secara langsung.
3. Learn Me – menyediakan materi belajar bahasa isyarat.
4. Play Me – media latihan bahasa isyarat berbasis kuis.
Tugas Akhir tersebut telah rampung setelah seminar dan revisi, dan kini Ika tinggal menunggu prosesi wisuda.
UMPP sendiri berkomitmen menjadi kampus ramah disabilitas dengan menyediakan akses sesuai kebutuhan, sehingga mahasiswa difabel dapat belajar dengan lebih nyaman.
0 comments:
Post a Comment