Wednesday 24 January 2024

Penurunan Wisatawan Seiring Badai Tropis Anggrek: Tantangan bagi Pariwisata Gunungkidul



Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul mengungkapkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir akibat badai tropis anggrek. Penurunan mencapai 30% di seluruh destinasi wisata yang dikelola Pemkab Gunungkidul.

Aris Sugiyantoro, Sub Koordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Bidang Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul, menyatakan bahwa penurunan wisatawan mencapai 30% selama badai tropis anggrek. Meskipun badai tersebut tidak menyebabkan kerusakan fisik pada infrastruktur destinasi wisata, dampaknya terasa signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan dan berdampak pada para pelaku usaha pariwisata.

baca juga :  

Data Dinas Pariwisata Gunungkidul menunjukkan bahwa pada Sabtu (13/1/2024) terdapat 11.109 orang wisatawan, sementara pada Minggu (15/1/2024) mencapai 17.173 orang. Namun, pada Sabtu (20/1/2024) jumlah kunjungan turun menjadi 8.113 orang, dan pada Minggu (21/1/2024) mencapai 12.224 orang.

Supriyanta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Gunungkidul, menjelaskan bahwa destinasi pariwisata di Gunungkidul sebagian besar merupakan daya tarik alam, sehingga rentan terdampak cuaca ekstrem. Oleh karena itu, kondisi cuaca yang buruk berdampak langsung pada sektor pariwisata, seperti yang tercermin dari data penurunan jumlah wisatawan.

Dispar juga telah melakukan sosialisasi kepada Pokdarwis, Desa Wisata, dan pelaku wisata agar lebih berhati-hati terhadap cuaca ekstrem seperti Badai Tropis Anggrek. Langkah-langkah pencegahan melibatkan pemangkasan pohon, perawatan, dan pemeliharaan tempat usaha wisata untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan keselamatan wisatawan dan pihak lain.

Di sisi lain, Adi, salah satu operator Gua Pindul, menyebutkan bahwa elevasi air di Gua Pindul dalam kondisi normal mencapai 0,5 meter. Namun, saat hujan deras, debit air meningkat, dan elevasi dapat mencapai hampir lima meter. Selama Badai Tropis Anggrek, operasional wisata dihentikan demi keselamatan wisatawan.

info via : https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2024/01/24/513/1162620/badai-tropis-anggrek-kunjungan-wisata-di-gunungkidul-anjlok-30-persen

0 comments:

Post a Comment